Cerita Perjalananku Ke Pulau Bali

Hallo agan-agan semuanya, selamat datang kembali di eris blog, terima kasih atas waktu dan kunjungannya. Halaman ini adalah postingan saya yang kedua, pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan tentang kisah perjalanan saya ke Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Saya belum pernah membuat planning untuk traveling ke Pulau Bali karena sibuknya aktivitas saya di Yogyakarta (maklum mahasiswa ehehe), namun karena ada panggilan kerja untuk bisnis kecil kecilan (pembuatan website sopir travel dibali).

Akhirnya saya menyempatkan diri untuk pergi ke Pulau Dewata, bertepatan pada saat itu saya sedang liburan semester, whehehe, jadi saya memutuskan untuk jalan-jalan ke Pulau Dewata sebelum saya pulang ke kampung halaman saya di Kalimantan Barat. Sebenarnya sudah cita-cita saya sejak lama ingin menginjakkan kaki ke pulau yang exotic ini, karena sebagian besar tourist yang datang ke Negara Indonesia tujuan pertamanya adalah Pulau Bali, jadi jangan heran jika sebagian tourist disana adalah orang asing/luar negeri.

Bagi anda yang ingin berlibur, bali adalah tempat yang tepat dan pas, apalagi jika anda berlibur bareng keluarga, soulmate, atau istri, hehhe. Perkiraan saya, untuk berlibur ke bali membutuhkan biaya yang besar namun sebenarnya berlibur ke bali tidaklah semahal yang anda bayangkan. Tentu saja tergantung dengan budget yang kita miliki, jika budget minimal/pas-pasan saya punya tips untuk agan-agan semua, sekalian saya menceritakan perjalanan dan rincian biaya saya ke Pulau Bali di artikel ini.

Pada saat itu tepat tanggal 24 bulan 6 (Juli) 2015 saya ditelpon oleh teman saya orang bali, bahwa ada kenalannya ingin membuat website untuk pengiklanan travelnya. Kebetulan pada saat itu saya sedang free dan tidak ada kerjaan jadi saya menerima dengan senang hati tawaran itu :D Kurang lebih seminggu saya mengerjakan pekerjaan saya, pada tanggal 31 Juli 2015 saya menghubungi kembali teman saya yang Bali dan mengatakan kalau websitenya sudah selesai saya buat. Ke-esokan harinya tanggal 1 saya mengecek harga penerbangan (tiket pesawat) ke bali, setelah saya priview ternyata harga tiket pesawat dari Yogyakarta (JOG) ke Denpasar (DPS) cukup mahal (mungkin sedang naik harga), yaitu kisaran harga 600K ke-atas, jadi saya memutuskan untuk naik BUS ke Denpasar bali agar perjalanannya terasa dan juga bisa meminimalisir pengeluaran biaya, hehe.

Teman saya menyarankan menumpang BUS Safari Dharma Raya karena lebih nyaman, jadi saya memutuskan naik BUS Safari Dharma Raya, Jika anda berangkat dari Yogyakarta, anda bisa booking tiket BUS di kantor Safari Dharma Saya, di sebelah barat Tugu Yogyakarta atau di Jalan Ringroad Timur (Janti). Berikut ini adalah penampakan Tiket BUS Safari Dharma Raya yang sudah saya booking :

Harga Tiket 275k (Harga lagi naik, harga normal 220k) berangkat tanggal 3/7/2015 10.00 Am.

Tiket sudah dipesan jadi tinggal menunggu waktu keberangkatan. lama perjalanan jika menggunakan BUS adalah 17 JAM perjalanan, BUS 28 Seats kursi. Tiket sudah termasuk biaya makan di perjalanan. Waktu keberangkatan akhirnya tiba, dan saya pun berangkat menuju kantor BUS di Tugu Jogja, BUS berangkat pukul 10 pagi. Di bawah ini adalah foto sopir BUS (Pak Nardy) pada saat BUS hendak berangkat:

Foto Sebelum Keberangkatan BUS Safary Dharma Raya Jam 10 Pagi (Sopir Pak Nardy)

Foto Sebelum Keberangkatan BUS Safary Dharma Raya Jam 10 Pagi (Sopir Pak Nardy)

Di bawah ini adalah foto saat mobil BUS sudah berangkat lewat jalan Solo (Surakarta) - Ngawi - Banyuwangi, sebelum Kab. Banyuwangi tepatnya di Kecamatan Ketapang, mobil BUS menyebrang ke Gilimanuk Bali dengan menggunakan kapal Ferry (lama penyebrangan hanya 30menit).

Foto Sebelum Keberangkatan.

Foto saat persinggahan di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Foto saat persinggahan di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Foto saat persinggahan di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Foto saat persinggahan di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Foto Penyebrangan dari pelabuhan Kec. Ketapang (Banyuwangi) ke Kab. gilimanuk, Bali Jam 4 subuh.

Foto Penyebrangan dari pelabuhan Kec. Ketapang (Banyuwangi) ke Kab. gilimanuk, Bali Jam 5 subuh.

Foto Penyebrangan dari pelabuhan Kec. Ketapang (Banyuwangi) ke Kab. gilimanuk, Bali Jam 5 subuh.

Foto Penyebrangan dari pelabuhan Kec. Ketapang (Banyuwangi) ke Kab. gilimanuk, Bali Jam 5.30.

Foto pemandangan pulau Jawa (Jawa Timur), gunung raung.

Setelah sampai di Kota Denpasar, saya di jemput teman menggunakan mobil Suzuki APV di terminal BUS. Untuk mencapai pusat kota anda juga bisa naik taksi/ojek/bus,dll. Jika ingin mencari hotel atau ke pantai akan lebih baik jika dijemput oleh teman, saudara, atau kerabat lain yang tinggal di bali biar lebih asyik hehe.


Di bawah ini saya akan membagikan beberapa foto saya di Pantai Kuta, Bali :)

Foto suasana kamar hotel di Jl. Kartika Plaza, Samudra Lane 055, Kuta Bali.

Foto di pantai jimbaran, bali.

Foto di pantai kuta, bali.

Foto di pantai kuta, bali.

Foto di pantai kuta, bali.

Foto saat sunset di white beach, bali.

Jika ingin melihat foto saya yang lain bisa lihat di facebook saya: Eriiz (EB). Di bawah ini saya akan membagikan daftar pengeluaran saya selama di bali yang dapat anda gunakan untuk menyusun estimasi biaya atau referensi biaya:

Rincian biaya perjalanan dari awal berangkat sampai pulang :

- Tiket BUS Safari Dharma Raya (Sudah termasuk makan di perjalanan) Rp. 275.000
- Uang Penginapan 3 Malam Rp. 150.000 x 3 hari = Rp. 450.000
- Biaya makan 3 hari Rp. 200.000 (Tergantung selera)
- Jalan jalan di pantai kuta, jimbaran, white sand = Rp. 0 alias gratis.
- Kalau makan seafood di pantai jimbaran 1 porsi harga di atas 75k :D
- Biaya Taksi dari Hotel ke Airport Rp. 25.000
- Tiket pesawat dari Denpasar (DPS) ke Pontianak (PNK) (Lion Air) (Transit Jakarta) Rp. 1.250.000
Total pengeluaran biaya : Rp. 2.200.000

Bagaimana? Tidak terlalu mahal bukan? jika anda mempunyai teman atau keluarga di bali maka lebih baik karena hanya biaya penginapan yang patut diperhitungkan. Untuk mudahnya lebih baik anda menumpang pesawat, tetapi jika anda ingin merasakan berpetualang lebih baik menggunakan BUS. Itulah rincian perjalanan saya dari Yogyakarta ke Pulau Bali lalu tembak ke Kalimantan. Terima kasih telah membaca kisah perjalanan saya yang singkat ini. Semoga anda bisa nyusul juga ya di kemudian hari, jangan lupa bawa camera untuk mengabadikan momen. Jika ada pertanyaan lain silahkan hubungi saya lewat email: eriscobert@gmail.com.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cerita Perjalananku Ke Pulau Bali"

  1. Trims saudaraku infonya nanti kalau ke bali tak minta saran lebij lanjut

    BalasHapus

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini.
Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur kekerasan, porno dan sara.
Komentar tidak memerlukan verifikasi kata. Terima kasih.