Pengalaman Saat Pertama Kali Menjadi Seorang Blogger Pemula

Hallo, pada tanggal 30 akhir bulan april ini saya akan menceritakan sebuah pengalaman saya saat pertama kali mengenal dunia blogging pada tahun 2009 silam.

Alasan saya menjadikan pengalaman saya tersebut kedalam tema artikel ini yaitu sebagai bentuk tulisan kenang-kenangan bila pada suatu saat nanti saya ingin mengingat bagaimana saya dulunya saat menjadi seorang newby.

Pada umumnya para blogger pemula/newby mempunyai pola pikir dan konsep yang sama pada blognya, dulu saat saya pertama kali belajar ngeblog menggunakan blogger.com.

Bila anda yang membaca tulisan ini dan masih merasa baru dalam dunia blogging, jangan berkesal hati, saya tidak bermaksud menyindir siapapun dalam tulisan ini, saya hanya membagikan apa yang sudah saya alami dulu :D.

Dengan adanya tulisan ini saya juga berharap agar para blogger pemula lebih cepat dalam mengenal dunia blogging, mempunyai tujuan dalam ngeblog dan menentukan jati dirinya dalam membuat sebuah artikel.

Dengan sedikit pengalaman selama 7 tahun dalam menjalani dunia blogging, saya memberanikan diri untuk menulis artikel ini, semoga bisa berguna untuk kita semua. Baiklah langsung saja saya memulai artikel saya yang bertemakan "Pengalaman Saat Pertama Kali Menjadi Seorang Blogger Pemula" ini.

Berawal rasa ingin tahu sehingga ingin mencoba-coba

Saya rasa hal ini sudah termasuk poin kategori umum para blogger, yaitu rasa ingin tahunya yang tinggi. Dulu saya melihat di internet banyak sekali blog yang membagikan artikel menarik seperti tutorial, ilmu pengetahuan umum, dll dengan melihat akhiran urlnya terdapat blogspot.com, jadi saya searching apa sih blogspot itu, dengan searching itulah awal perjumpaan saya dengan blogger.com.

Setelah itu saya mencoba mendaftarkan diri ke blogger dengan akun yahoo saya, seingat saya saat itu daftar blogger masih bisa menggunakan alamat email dari yahoo. Setelah menyelesaikan proses pendaftaran akhirnya akun blogger saya sudah siap digunakan.

Saya ingat sekali pada waktu itu di saat saya pertama kali memilih tema untuk blog saya, saat itu saya memilih tema "PT Keren Sekali" karena menurut saya, nama temanya saja sudah keren, hehe.

Setelah itu saya sudah masuk dalam beranda blogger, sungguh membingungkan apa yang harus saya lakukan berikutnya, namun kemudian saya melihat tombol buat post baru. Akhirnya saya klik, dan saya membuat postingan dengan kata-kata yang seadanya dan sedikit ngawur, hehe. Sungguh lucu jika dipikirkan saat ini.

Berbagai macam kesalahan saat menjadi blogger pemula

Berikut ini adalah kesalahan-kesalahan yang secara umum dialami oleh para blogger pemula saat pertama kali ngeblog. Apa saja sih? berikut ulasannya:

1. Terlalu fokus pada tampilan blog

Berbicara mengenai tampilan blog, sudah pasti berhubungan dengan template alias tema blog. Bukannya malah fokus membuat blog tetapi kerjaannya hanya mengubah template 1 ke template yang lain.

Tidak bisa dipungkiri, membuat tampilan blog yang menarik juga termasuk hal penting namun jangan hanya berfokus pada tampilam blog saja. Yang seharusnya adalah fokus menentukan isi dari blog tersebut, prioritaskanlah tema konten yang akan disajikan.

2. Memasang banyak widget pada sidebar atau bilah lain pada blog

Pada poin nomor 2 ini definisinya hampir sama dengan poin nomor 1 yaitu berhubungan dengan tampilan blog. Seorang blogger pemula yang mementingkan tampilan blog tanpa mengetahui efek dari pemasangan widget yang berlebihan, selain menyebabkan blog menjadi berat pemasangan widget yang berlebihan justru membuat blog tidak terlihat rapi dan elegan.

3. Belum mempunyai tujuan

Tujuan adalah poin prioritas utama dalam ngeblog, apa saja sih tujuan anda ngeblog? apa saja sih manfaat yang anda harapkan dari ngeblog? jika tujuan anda membuat blog sudah anda dapatkan dan dikonsepkan sedemikian rupa maka ada hal baru yang membuat anda menekuni dunia blogging.

4. Tidak konsisten dalam membuat artikel

Nah, pada poin dulu saya juga mengalaminya, setiap hari saya membuat artikel aneh yang tidak mempunyai sangkut pautnya dengan nama/judul/url blog, namun setelah beberapa bulan berlalu saya baru menyadari bahwa artikel dan konten saya yang campur sari tidak sesuai dengan nama/judul/url blog oleh karena itu saya mengganti alamat url blog saya sesuai dengan isi artikel.

5. Sering merubah URL blog

Seperti yang kita ketahui sering merubah alamat url blog sangat mempengaruhi perayapan dan pengindeks di google, karena url yang sering di ganti menyebabkan error 404 pada url lama, dan menyebabkan pengunjung tidak menemukan artikel kita di mesin pencari.

6. Menulis artikel dengan asal-asalan

Maksud saya dengan menulis artikel asal-asalan adalah seperti kurangnya perhatian pada pengejaan kata, penggunakan kata formal pada artikel, hubungan isi artikel dengan judul artikel, belum mengenal penerapan konsep seo friendly, dll.

7. Isi artikel yang tidak orisinal

Ini adalah penyakit utama para blogger pemula, para blogger pemula menganggap bahwa makin banyak artikel makin bagus sehingga mereka mengcopy paste artikel blog orang lain. Perlu di perhatikan kualitas sebuah blog bukan hanya dari jumlah kontennya namun dari kualitas konten serta orisinal konten itu sendiri. Dan yang terpenting apakah isi artikel tersebut dapat berguna bagi orang lain atau tidak.

8. Belum mengahui pentingnya visitor dalam sebuah blog

Seorang blogger pemula belum mementingkan visitor blog, para blogger pemula yang sudah memiliki blog saja sudah bangga. Seperti poin nomor 3, tujuan membuat diperlukan disini, jika tujuan anda untuk mempromosikan tulisan anda, visitor adalah hal utama dalam kesuksesan blog.

9. Belum mengenal SEO, fungsi meta, editor html dan dukungan media sosial

Semua blogger pemula pasti mengalami hal ini, karena masih baru belajar blogging tentu saja mereka belum mengenal pentingnya seo, fungsi meta (keyword, deskripsi, dll) bahkan untuk mengutak atik editor html saja masih takut, hehe. Seiring dengan berkembangnya waktu blogger pemula pasti akan mengerti tentang hal-hal di poin 9 ini.

10. Belum mengenal dan memanfaatkan mesin pencari

Visitor blog 96% berasal dari mesin pencari oleh karena itu sangat penting untuk blogger pemula agar mempelajari webmaster tools untuk mengoptimasi blog. Poin nomor 9 juga sangat diperlukan dalam memanfaatkan fungsi dari mesin pencari (search engine). Jadi pelajari apa itu mesin pencari, apa saja jenis-jenis mesin pencari, dll.

Itulah sekilas tentang poin-poin kesalahan yang pernah saya alami pada saat menjadi blogger pemula dulu. Poin-poin mana sajakah yang pernah anda alami? :D sampai pada saat ini mungkin saya masih belum bisa di bilang blogger master karena saya sendiri masih butuh banyak belajar lagi dalam dunia blogging, tentunya masih banyak ilmu yang belum saya punya dan kuasai. Intinya tidak ada waktu yang tidak tepat untuk belajar, selama kita masih bisa berkarya, selama masih mampu untuk bernapas, mengapa tidak? 

Akhir kata, itulah sekilas artikel saya tentang "Pengalaman Saat Pertama Kali Menjadi Seorang Blogger Pemula". Mohon maaf jika ada kata-kata yang menyinggung atau penulisan kata yang salah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagaimana mestinya, sekian dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengalaman Saat Pertama Kali Menjadi Seorang Blogger Pemula"

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini.
Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur kekerasan, porno dan sara.
Komentar tidak memerlukan verifikasi kata. Terima kasih.