Apa Itu AGC? Ini Kelebihan Dan Kekurangan Blog Dengan Teknik AGC

Ketika kita sedang bermain di media sosial atau browsing di internet kita kerap mendengar AGC, khususnya di facebook terutama grup-grup yang berniche tentang internet atau web/blog pasti sering membicarakan tentang AGC. Lantas apa itu AGC? AGC adalah singkatan dari Auto Generated Content, AGC merupakah salah satu teknik dalam dunia blogging, dalam teknik AGC, author web dapat memanipulasi konten hasil pencarian di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, Yandex, atau search engine lainnya. 

Mengapa saya katakan memanipulasi? ya, dengan memanfaatkan AGC keyword yang dimasukkan oleh pengunjung di mesin pencari akan mengarah ke website yang menggunakan teknik AGC, namun setelah pengunjung mengklik hasil pencarian tersebut mereka tidak menemukan apa yang mereka cari, oleh karena saya mengatakan AGC merupakan salah satu teknik manipulasi konten.

Biasanya web yang banyak menggunakan teknik AGC adalah web yang menggunakan web server (selft host) sebagai contoh menggunakan plugin AGC di wordpress self host. Untuk menggunakan teknik AGC ternyata juga tidak sembarangan server, jika anda pengguna web server dengan bandwith terbatas (limit) (shared hosting) website anda akan down ketika dikunjungi oleh puluhan ribu visitor hasil AGC, oleh karena itu pengguna AGC banyak yang menggunakan VPS karena bisa menampung daya bandwith yang sangat besar.

Berikut ini adalah contoh salah satu teknik AGC:

Misalnya anda mencari sebuah film keluaran terbaru dengan kata kunci "download film bla bla" maka akan muncul beberapa hasil pencarian di mesin pencari, misalnya anda mengklik web hasil pencarian nomor 2, namun isi dari web tersebut hanyalah halaman tag atau halaman kategori kosong yang terdapat artikel lain yang tidak berhubungan dengan keinginan kita.

Apa Itu AGC? Ini Kelebihan Dan Kekurangan Blog Dengan Teknik AGC

Kelebihan dan kekurangan menggunakan teknik AGC

Mengapa banyak web developers yang menggunakan teknik AGC ini? jawabannya tentu saja untuk meningkatkan traffic sehingga menghasilnya pundi-pundi dollar (uang) dari hasil AGC tersebut. Apalagi jika author web tersebut menggunakan metode CPM (cost per million) maka dengan mudahnya mendapatkan visitor dan uang dari teknik AGC.

Namun, tahukah anda? ada beberapa kelebihan dan kekurangan pada teknik ini, saya akan bahas kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan:
  • Bisa mendatangkan banyak visitor dalam angka ribuan bahkan puluh ribuan per hari.
  • Menghasilkan ribuan pageview jadi sangat menguntungkan jika web tersebut menggunakan iklan CPM.
  • Dapat menghasilkan autopost dari AGC (tidak perlu letih mengetik artikel).
  • Kerja santai dalam mengelola web.
Kekurangan:
  • Web yang menggunakan teknik AGC tidak cocok jika menggunakan iklan PPC (pay per click) karena akan menyebabkan banyaknya klik yang tidak wajar.
  • Bandwith hosting lebih cepat mencapai limit, jelas, karena ribuan visitor menyebabkan bandwith terkuras, apalagi jika pengguna web hosting dengan bandwith kecil, bandwith penuh menyebabkan website menjadi down dan tidak bisa diakses.
  • Penggunaan AGC dalam jangka panjang menyebabkan web menjadi deindex dari mesin pencarian, hal ini disebabkan karena AGC sudah di deteksi oleh algoritma mesin pencarian.
  • Jika web sudah deindex maka traffic web akan menurun drastis.
Dengan kelebihan dan kekurangan seperti pada uraian di atas masihkah anda mau menggunakan metode AGC ini? menurut saya pribadi, penggunaan AGC lebih banyak kekurangannya dari pada kelebihannya, sebagai contoh saja visitor akan malas/enggan mengunjungi situs AGC karena visitor menganggap web tersebut menipunya.

Jadi jika anda masih awam dalam penggunaan AGC saya tidak menyarankan menggunakan teknik ini. AGC biasanya digunakan oleh mereka yang sudah paham resiko akan penggunaan AGC, mereka menggunakan AGC mungkin sudah mampu mengoptimalkan manfaat daripada kekurangan dari AGC sendiri. Demikianlah artikel saya kali ini, semoga artikel ini dapat berguna dan menambah wawasan kita tentang dunia internet dan blogging, sekian dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Apa Itu AGC? Ini Kelebihan Dan Kekurangan Blog Dengan Teknik AGC"

  1. Wah artikelnya bagus. Jangan lupa mampir ya https://kelasterendah.blogspot.com/2021/02/cara-mengatasi-rubrik-feed-yang-tidak.html

    BalasHapus
  2. Thanks sharing nya
    Mampir juga ya
    https://tipsdantrick7.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Apapun itu yang jelas menipu publik. Terimakasih ilmunya

    BalasHapus

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini.
Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur kekerasan, porno dan sara.
Komentar tidak memerlukan verifikasi kata. Terima kasih.