Cara Mengukur Kuota Bandwidth Saat Streaming Online

Saat anda sedang streaming video menggunakan modem yang menggunakan kartu GSM, tentunya anda penasaran berapa sih kuota yang habis saat dipakai untuk streaming video. Contohnya saat anda streaming di youtube menggunakan resolusi video 480p, dengan cara ini anda bisa mengetahui kuota yang anda habiskan jika anda menonton video resolusi 480p dalam interval waktu tertentu.

Jika Anda menggunakan koneksi internet unlimited untuk radio streaming anda, maka anda tidak perlu melakukan kalkulasi kebutuhan bandwidth. Tetapi jika anda hanya menggunakan modem USB dengan kartu GSM yang mempunyai kuota terbatas. Ternyata ada cara matematis untuk menghitung jumlah kouta bandwith yang terpakai saat anda streaming, nah dengan cara berikut ini anda bisa menghitung berapa kuota yang dibutuhkan saat streaming dengan resolusi tertentu.

Rumus: Kuota bandwidth per menit = bitrate x 1/8 x 60 second 1/8 adalah konstanta perbandingan antara kbps (kilobit/second) dengan KB/s (kilobytes / second). 100 mbps = 12,5 MB/s.

Misalnya Anda menggunakan bitrate 40 kbps, maka kebutuhan bandwidth per menitnya adalah = 40 kbps x 1/8 x 60second = 300 KB. Dan per jamnya adalah = 300 KB x 60 menit = 18 Mega.

Jika streaming per harinya selama 20 jam, maka kebutuhan bandwidth dalam sebulan adalah = 18 mega x 20 jam x 30 hari = 10.800 Mega atau 10,8 Giga.

Wow, besar juga ya ternyata? Bayangkan kalau streamingnya menggunakan kuota internet sebesar 2 Giga, maka dengan online setiap hari selama 20 jam, hanya bisa dipakai selama sekitar 5 hari.

Cara diatas adalah jika anda streaming dengan bitrate 40 kbps. Jika anda streaming dengan bitrate 240 kbps anda bisa menghitungnya sendiri :D atau bagaimana jika video full hd 1080 kbps? sangat besar sekali bukan? itulah sebabnya jika streaming menggunakan modem GSM di youtube dengan ukuran resolusi yang besar maka akan semakin besar kuota yang termakan. Mungkin itulah sekilas tentang cara pengukuran kuota bandwith saat streaming video. Semoga cara ini dapat berguna dan bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Mengukur Kuota Bandwidth Saat Streaming Online"

  1. pas banget nih buat saya yang selalu kehabisan kuota pas streaming :v nice info

    BalasHapus

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini.
Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur kekerasan, porno dan sara.
Komentar tidak memerlukan verifikasi kata. Terima kasih.