Berbagai Macam Situs Dan Tools Yang Bisa Digunakan Untuk Ngeblog

Dalam dunia blogging tentu saja banyak situs yang menyediakan fitur untuk membuat blog ataupun tools yang secara komersial dapat digunakan untuk membuat blog.

Namun, tentu saja dari berbagai macam jenis tools tersebut ada yang bersifat open source [gratis] dan yang close source [hanya pengguna premium/yang sudah membayar].

Masing-masing situs/tools/penyedia layanan memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri, selain itu juga terdapat perbedaan yang signifikan antara situs satu dan lainnya. Perbedaan dan kelebihan masing masing situs dan tools tersebut akan saya bahas pada artikel ini.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang situs-situs dan tools yang menyediakan fitur/layanan untuk membuat web/blog secara gratis maupun berbayar. Berikut adalah berbagai macam situs/tools/layananan tersebut:

1. Weebly.com

Berbagai Macam Situs Dan Tools Yang Bisa Digunakan Untuk Ngeblog
Weebly adalah sebuah sarana untuk membuat website gratis. Menggunakan format widget, memungkinkan pengguna untuk membuat halaman dengan hanya beberapa klik, menyeret dan menjatuhkan elemen halaman yang berbeda (gambar, teks, atau konten interaktif, dll) ke halaman dan mengisi konten. Situs ini diciptakan oleh David Rusenko, Dan Veltri, dan Chris Fanini, dan semua yang menghadiri Penn State untuk gelar sarjana. Weebly pernah masuk dalam majalah Time sebagai Situs Keempat terbaik dari lima puluh situs pada tahun 2007.

Pada Juni 2008, Weebly menambahkan fitur baru yaitu Weebly pro, memungkinkan pengguna untuk membuat password halaman yang dilindungi, peninkatan batasan ukuran file upgrade, serta menerima layanan dukungan tambahan atau support. Pada tahun 2008, fitur Weebly editor kompatibel dengan Safari dan Google Chrome, kompatibilitas weebly editor diperkenalkan sebelumnya untuk Internet Explorer dan Firefox.

2. Blogger.com

Berbagai Macam Situs Dan Tools Yang Bisa Digunakan Untuk Ngeblog

Siapa yang tidak kenal dengan situs yang satu ini? Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL.

3. Wordpress.com

Berbagai Macam Situs Dan Tools Yang Bisa Digunakan Untuk Ngeblog

WordPress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit.Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan.Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan asesori apa pun selain yang sudah disediakan. Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah cukup bagus.

4. Livejournal.com

Berbagai Macam Situs Dan Tools Yang Bisa Digunakan Untuk Ngeblog
LiveJournal adalah komunitas online global yang dibuat untuk jurnal pribadi, yang dibuat oleh Brad Fitzpatrick di bulan Maret tahun 1999. Dari terbentuknya pada tahun 2009, LiveJournal sampai saat ini telah menjadi website yang memiliki hinggal 25 juta pengguna dari seluruh dunia.

Seperti jaringan sosial yang lain, pengguna LiveJournal berasal dari berbagai kalangan. Hampir semua kode sumber untuk menjalankan Livejournal adalah Open Source dan gratis digunakan. Beberapa dari website yang kode sumber Livejournal ini dintara lain adalah InsaneJournal, DeadJournal, JournalFen dan Dreamwidth.

5. Blogsome.com

Berbagai Macam Situs Dan Tools Yang Bisa Digunakan Untuk Ngeblog

Blogsome juga adalah layanan seperti blogger dan weebly. Dengan blogsome anda juga bisa membuat suatu blog dengan pemograman html.

6. tmblr.com

Berbagai Macam Situs Dan Tools Yang Bisa Digunakan Untuk Ngeblog
Tumblr, ditulis tumblr. sesuai logonya, adalah platform mikroblog dan situs jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan Tumblr, Inc. Layanan ini memungkinkan pengguna mengirimkan konten multimedia atau lainnya dalam bentuk blog pendek.

Pengguna dapat mengikuti blog pengguna lain atau mengatur privasi blog sendiri. Kebanyakan fitur webnya diakses dari antarmuka "dasbor"; di sana terdapat opsi untuk mengirimkan konten dan melihat pos dari blog yang diikuti. Per 19 Mei 2013, Tumblr memiliki 108 juta pengguna. Kantor pusatnya terletak di 35 East 21st Street lantai 6 di Flatiron District, Silicon Alley, New York City

7. Posterous.com

Berbagai Macam Situs Dan Tools Yang Bisa Digunakan Untuk Ngeblog

Pengertian posterous adalah alat blogging yang sederhana bagi pengguna untuk mengirim teks foto, dan media lainnya dengan mengirim e-mail ke post@posterous.com. Layanan itu kemudian memproses dan mengirimkan informasi tersebut. Layanan itu juga menangani upload gambar dan dapat mensindikasikan dengan posting di facebook, twitter, flickr dan situs lainnya.

8. Multiply.com

Berbagai Macam Situs Dan Tools Yang Bisa Digunakan Untuk Ngeblog

Multiply adalah sebuah situs perdagangan elektronik (e-commerce) yang menghubungkan para penjual dan pembeli secara online. Multiply berkantor pusat di Jakarta. Sebelum menjadi situs perdagangan elektronik, Multiply dikenal sebagai sebuah situs jejaring sosial untuk berbagi foto, video, musik, blog dan lain-lainnya. Dengan multiply anda juga bisa membuat blog dan menjadikan blog tersebut situs e-commerce.

9. Blogdetik.com

Berbagai Macam Situs Dan Tools Yang Bisa Digunakan Untuk Ngeblog

Orang indonesia pasti tahu dan pernah mendengar istilah blogdetik, yap layanan blogging ini adalah 100% buatan indonesia. Dengan layanan dari blogdetik.com anda bisa membuat blog secara gratis.

10. Kompasiana.com

Berbagai Macam Situs Dan Tools Yang Bisa Digunakan Untuk Ngeblog
Jangan di tanya lagi, ketenaran dari blog-blog dari kompasiana begitu populer belakangan ini karena banyak sekali para penulis berbakat yang menggunakan media kompasiana untuk menulis artikelnya. Kompasiana adalah blog jurnalis Kompas yang bertransformasi menjadi sebuah media warga (citizen media). Di sini, setiap orang dapat mewartakan peristiwa, menyampaikan pendapat dan gagasan serta menyalurkan aspirasi dalam bentuk tulisan, gambar ataupun rekaman audio dan video.

Kompasiana menampung beragam konten dari semua lapisan masyarakat dari beragam latar belakang budaya, hobi, profesi dan kompetensi. Kompasiana juga melibatkan kalangan jurnalis Kompas Gramedia dan para tokoh masyarakat, pengamat serta pakar dari berbagai bidang, keahlian dan disiplin ilmu untuk ikut berbagi informasi, pendapat dan gagasan.

Di Kompasiana, setiap orang didorong menjadi seorang pewarta warga yang, atas nama dirinya sendiri, melaporkan peristiwa yang dialami atau terjadi di sekitarnya. Keterlibatan aktif warga ini diharapkan dapat mempercepat arus informasi dan memperkuat pondasi demokratisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tren jurnalisme warga seperti ini sudah mewabah di banyak negara maju sebagai konsekuensi dari lahirnya web 2.0 yang memungkinkan masyarakat pengguna internet (netizen) menempatkan dan menayangkan konten dalam bentuk teks, foto dan video.

Kompasianer (sebutan untuk orang-orang yang beraktifitas di Kompasiana) juga dapat menyampaikan gagasan, pendapat, ulasan maupun tanggapan sepanjang tidak melanggar ketentuan yang berlaku. Setiap konten yang tayang di Kompasiana menjadi tanggungjawab Kompasianer yang menempatkannya.

Selain itu, Kompasiana menyediakan ruang interaksi dan komunikasi antar-anggota. Setiap Kompasianer bisa menjalin pertemanan dengan Kompasianer lain. Mereka juga dapat berkomunikasi lewat email, komentar dan fitur interaktif lainnya.

Fasilitas dan fitur Kompasiana hanya bisa digunakan oleh pengguna internet yang telah melakukan registrasi di www.kompasiana.com/registrasi. Begitu proses registrasi selesai, pengguna akan mendapatkan blog pribadi. Tanpa registrasi, pengguna hanya bisa membaca konten Kompasiana. Dengan beragam fitur dan fasilitas interaktif tersebut, Kompasiana yang mengusung semangat berbagi dan saling terhubung (sharing. connecting.) telah menjadi sebuah Media Sosial.

Layanan blogging yang berbayar

Di atas adalah 10 situs gratis yang menyediakan layanan blogging sehingga user dapat membuat blog dan menulis artikel secara gratis. Lalu ada yang namanya CMS: Content Management System atau sering disebut dengan CMS adalah aplikasi web yang berisikan template untuk mengelola isi halaman web secara mudah. Penggunaan Content Management System?tidak memerlukan pengetahuan pemrograman web yang handal karena proses instalasi dan cara penggunaannya sudah user friendly. CMS sendiri ada yang dibuat khusus menyesuaikan kasus yang ada dan biasanya berbayar dan ada yang berupa template instan yang fungsionalitasnya dibuat dengan menyeuaikan pada beberapa proses bisnis yang ada didunia nyata yang dapat digunakan secara gratis.

Mengapa saya katakan berbayar walaupun sebenarnya tools-tools pada CMS sebenarnya adalah gratis? yap, untuk menjalankan tools CMS anda perlu yang namanya hosting dan domain, sehingga untuk performa yang baik anda harus membeli media penyimpanan online atau yang dinamakan hosting dan domain sendiri agar CMS ini bisa diinstal dan dijalankan. Untuk hosting juga tersedia dalam berbagai macam varian harga, server, dll. Hosting yang bagus adalah hosting yang mempunyai space besar, server stabil dan layanan yang diberikan pihak hosting. Dalam hosting juga tersedia berbagai macam tipe seperti shared hosting dan vps, 2 jenis hosting ini akan saya bahas pada artikel selanjutnya. Berikut adalah berbagai macam CMS yang populer dan dapat digunakan untuk blogging:

1. Wordpress.org [CMS Wordpress]

Berbagai Macam Situs Dan Tools Yang Bisa Digunakan Untuk Ngeblog
Lah kog wordpress lagi? yap, wordpress kali ini adalah wordpress.org. Perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org akan saya bahasa bahas di bawah. WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).

Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya.

WordPress menyediakan dua alamat yang berbeda, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. WordPress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit. Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan. Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan asesori apa pun selain yang sudah disediakan. Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah cukup bagus.

WordPress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Selanjutnya, CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan skrip lain yang menyertainya. WordPress dengan Bahasa Indonesia ada berkat kerja para kontributor di Indonesia yang dipimpin oleh Huda Toriq, seorang Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.

Berikut ringkasan perbedaan dalam penggunaan WordPress.com dan WordPress.org:

WordPress.com: untuk pengguna yang ingin membuat blog sendiri secara cepat dan punya alamat website, sedangkan WordPress.org: untuk pengguna yang ingin memodifikasi WordPress menurut kebutuhan sendiri atau ingin membuat blog menggunakan alamat dan server sendiri.

2. Joomla!

Berbagai Macam Situs Dan Tools Yang Bisa Digunakan Untuk Ngeblog
Joomla! adalah Sistem manajemen konten (SMK atau CMS) sama seperti wordpress.org yang bebas dan terbuka (free opensource) ditulis menggunakan PHP dan basisdata MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll. Joomla! menggunakan lisensi GPL. Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Swahili jumla yang mengandung arti "kebersamaan".

3. Drupal

Berbagai Macam Situs Dan Tools Yang Bisa Digunakan Untuk Ngeblog

Drupal adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka yang di distribusikan dibawah lisensi GPL, pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Dibuat dengan bahasa pemrograman PHP, Drupal dapat dipasang pada beberapa jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite,MariaDB dan juga MsSQL. Web server yang mendukung diantaranya Apache, Nginx, IIS yang berjalan pada sistem operasi Cross-platform seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Linux dan FreeBSD. Drupal dapat diunduh secara bebas dan dapat digunakan secara bebas, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun komunitas untuk mempublikasi, mengatur, mengelola dan mengorganisir berbagai jenis dari isi/konten pada website. Kemampuannya tidak sekedar sebagai CMS, namun dengan modul API-nya Drupal juga dapat digunakan sebagai CMF dalam membangun aplikasi berbasis Web.

4. Concrete5

Berbagai Macam Situs Dan Tools Yang Bisa Digunakan Untuk Ngeblog

Concrete5 adalah sebuah sistem manajemen konten (CMS) dengan sistem pendukung yang baik karena merupakan open source dan sudah pasti bebas untuk menggunakan. Concrete5 memudahkan kita untuk membuat sebuah website standar, seperti situs review produk, dengan hanya mengikuti langkah-langkah sederhana dan bahkan tanpa coding. Cara kerjanya hampir sama dengan Impress page yang sama-sama menggunakan system drag and drop dalam membuat website.

Keuntungan menggunakan Concrete5 adalah memungkinkan kita untuk memiliki banyak subkategori. jika kita memiliki banyak foto dan perlu diatur dalam ke dalam banyak kategori dan bahkan sampai subkategori, maka Concrete5 merupakan pilihan yang baik. CMS ini mendukung HTML5, sehingga kita tidak akan memiliki masalah.

5. Frog CMS

Berbagai Macam Situs Dan Tools Yang Bisa Digunakan Untuk Ngeblog
CMS Frog digunakan untuk membangun website dengan sistem template menggunakan php5 dan didasarkan pada aplikasi Ruby on Rails. Seperi CMS yang telah disebutkan diatas, CMS Frog membutuhkan hosting dengan fitur yang standar seperti php5, apache mod-rewrite dan MySQL. CMS ini memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan memungkinkan kita untuk mengelola konten dengan mudah.

Mungkin cukup sampai disini saja pembahasan saya tentang tools untuk ngeblog, tentunya masih banyak tools, layanan dan cms lain yang bisa digunakan untuk membuat blog. Pada artikel diatas saya hanya mengambil garis besarnya saja dalam arti hanya memasukkan tools yang populer saja. Sampai saat ini saya masih menggunakan blogger dan wordpress.org untuk urusan blogging. 

Saya sendiri pernah mencoba cms drupal, joomla dan bbpress namun kurang familiar karena sudah terbiasa menggunakan cms wordpress. Anda penasaran bagaimana hasil blog jika mengunakan wordpress.org? silahkan buka https://idwebshare.net, itu adalah salah satu blog yang masuk dalam daftar pengelolaan saya, pada situs itu saya suka menulis hal-hal yang berhubungan dengan pengetahuan umum, sejarah, tutorial wordpress dll. Sekian artikel ini saya buat, semoga dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berbagai Macam Situs Dan Tools Yang Bisa Digunakan Untuk Ngeblog"

Posting Komentar

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini.
Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur kekerasan, porno dan sara.
Komentar tidak memerlukan verifikasi kata. Terima kasih.