Cara Upload Manual Tema Wordpress Dengan Filemanager

Pengguna cms wordpress (self hosted) pasti perlu mengganti tema (template) web wordpressnya agar lebih teroptimasi dengan tema baru, kebanyakan orang "bosan" dengan tema default (standart) dari wordpress, oleh karena itu banyak yang mengganti temanya agar websitenya lebih menarik.

Untuk template wordpress sendiri sudah terbilang sangat banyak bertebaran di internet, mulai dari tema yang gratisan sampai tema yang premium (berbayar). Nah, pada postingan kali ini saya akan membagikan artikel tentang "Cara Upload Manual Tema Wordpress Dengan Filemanager".

Saya sendiri lebih suka mengupload tema lewat hosting dibandingkan lewat dasboard wordpress, karena lewat hosting proses upload lebih cepat apalagi jika menggunakan Filemanager. Sebelum kita lanjut ke topik pembahasan, kita harus mengetahui apa itu Filemanager.

Filemanager adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dengan FTP anda mempunyai hak akses langsung ke root server anda. Anda bisa mengupload, memindahkan bahkan menghapus file di server menggunakan Filemanager.

Nah, sudah tahu kan fungsi Filemanager? jika anda pengguna web server khususnya cpanel (apache web server) maka biasanya sudah tersedia fitur Filemanager. Baiklah langsung saja pada topik pembahasan, berikut ini adalah cara-caranya:

1. Siapkan file template dalam bentuk .zip

Silahkan siapkan file template (tema) yang akan anda upload, untuk tema wordpress anda bisa mencari di internet, biasanya file default tema adalah berbentuk zip (zip archive) jadi anda perlu file zip untuk mengupload tema.

2. Login ke cpanel (server)

Silahkan login ke cpanel hosting anda dengan memasukkan alamat url cpanel.namadomain.com atau namadomain.com/cpanel, setelah itu pilih menu files silahkan pilih file manager, contoh lihat gambar dibawah:


3. Pilih lokasi dan upload file

Setelah itu silahkan buka folder public_html > wp-content > themes lalu upload file zip theme anda dengan mengklik tombol upload, lihat gambar dibawah:


Jika file anda sudah berhasil di upload maka akan muncul pada halaman folder theme, silahkan extract file template anda dengan mengklik tombol extract, lihat gambar di bawah (jika file theme tidak muncul silahkan klik tombol reload/refresh):


Setelah anda selesai meng-extract file template silahkan buka dasboard wordpress anda buka menu tampilan > tema dan aktifkan tema seperti biasa.


Itulah sekilas artikel tentang "Cara Upload Manual Tema Wordpress Dengan Filemanager", selain mengganti tema anda juga bisa mengupload plugin lewat cpanel filemanager di folder public_html > wp-content > plugins. Sekian artikel ini saya kali ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Upload Manual Tema Wordpress Dengan Filemanager"

Posting Komentar

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini.
Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur kekerasan, porno dan sara.
Komentar tidak memerlukan verifikasi kata. Terima kasih.