Fungsi Inspect Elemen Untuk Menganalisis Struktur Template

Inspect element adalah salah satu fitur pada browser, jika anda adalah pengguna browser mozilla atau chrome pasti tidak asing dengan fitur inspect ini. Lalu apakah fungsi inspect elemen tersebut? yap, sebenarnya secara umum fungsi inspect element adalah untuk melihat struktur halaman pada halaman web yang sedang terbuka.

Dengan fungsi inspect element memungkinkan kita untuk melihat kode-kode pada halaman web yang sedang terbuka pada tab browser, kode-kode yang dapat kita lihat adalah seperti kode html, css, php, javascript, dll. Dengan fitur inspect ini kita juga bisa menganalisis kode-kode yang tergabung dalam kolom/grup tertentu seperti css pada sidebar, navbar, footer, dll.

Jika anda adalah pengguna blogger.com, fitur inspect ini sangat membantu dalam mencari kode yang akan anda edit, contohnya jika anda ingin merubah struktur kode pada sidebar blog/template blog anda maka tinggal menggunakan fitur inspect element ini dengan mengklik kanan pada browser dan klik inspect, contoh seperti pada gambar di bawah:

Fungsi Inspect Elemen

Pada gambar di atas (klik gambar untuk memperbesar) saya mengarahkan kursor mouse pada bagian sidebar maka akan muncul keterangan mengenai sidebar blog yaitu sidebar-wrapper. Baiklah selanjutnya kita akan mencoba menganalisis kode pada footer template, lihat pada gambar di bawah:

Fungsi Inspect Elemen

Pada gambar di atas saya mengarahkan kursor ke arah footer blog maka akan muncul keterangan struktur kode pada footer blog tersebut, pada gambar di atas terdapat keterangan footer-wrapper, dimana kode tersebutlah yang berfungsi untuk menampilkan footer blog.

Itulah sekilas fungsi tentang inspect element pada browser dan fungsinya pada template blog. Semoga artikel singkat ini dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Fungsi Inspect Elemen Untuk Menganalisis Struktur Template"

  1. Ane jug pake cara ini gan.. Mayan bgt ngebantu kalo mau edit" warna template.. :D

    BalasHapus
  2. wah keren juga ya gan ane sih langsung ke edit html daripada inspect elemen untuk blog sendiri

    BalasHapus
  3. wah baru tau ane gan ane make inspect element keseringan buat ngerjain temen aja hihihi

    BalasHapus

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini.
Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur kekerasan, porno dan sara.
Komentar tidak memerlukan verifikasi kata. Terima kasih.