Fungsi CMS Dalam Pembuatan Website Atau Web

CMS adalah salah satu tools yang banyak digunakan para developers website. CMS adalah singkatan dari Contect Management System seperti namanya merupakan sebuah system software web yang memudahkan kita untuk mengelola konten website.

Memungkinkan kita membuat, mengedit dan menghapus halaman web kita tanpa harus melakukan pemrograman yang rumit. Hampir sebagian besar website saat ini dibuat menggunakan CMS (Sistem Manajemen Konten). Apa saja manfaat bila menggunakan CMS untuk membuat website atau blog?

Berikut beberapa kelebihan bila menggunakan CMS (Content Management System) dalam pembuatan situs web atau blog:

Mengelola Konten Lebih Mudah

Semua CMS mempunyai antarmuka dimana administrator maupun registered user dapat login dan melakukan upate maupun maintenance web tersebut. Karena sifatnya web-based, maka update ataupun maintenance dapat dilakukan dari mana saja asal tersedia koneksi internet dan web browser.

Fungsi CMS Dalam Pembuatan Website Atau Web
Level Akses User

Setiap admin dan user mempunyai username dan password masing-masing serta mempunyai hak akses yang dapat ditentukan oleh administrator. Ini sangat berguna untuk membatasi akses yang tidak perlu atau tidak boleh digunakan oleh suatu level tertentu.

Konten dan Desain Terpisah

Desain template dan konten akan disimpan secara terpisah. Pada umumnya template dalam bentuk file statis dan konten disimpan dalam database yang secara dinamis dapat dimunculkan ketika dipanggil. Begitu juga saat menambahkan maupun mengupdate konten secara dinamis ditambahkan pada database. Pemisahan ini sangat baik dan sangat memudahkan dalam hal mengupdate desain dengan template yang baru maupun dalam kasus transfer web ke hosting lain.

Lebih Mudah Untuk SEO

CMS yang baik dilengkapi dengan fasilitas untuk membuat situs kita menjadi lebih SEO Friendly. Seperti misalnya penambahan Meta pada setiap halaman atau postingan. Membuat url SEO friendly sehingga URL halaman web kita akan lebih mudah diindex dan ditelusuri oleh mesin pencari.

Pengembangan dengan Extension dan Plugin

CMS yang mempunyai dukungan dan komunitas yang besar biasanya mempunyai kemampuan untuk ditambahkan modul-modul untuk mengembangkan website standar menjadi lebih banyak fitur seperti forum, toko online, slider, blog, support, form kustom dan lainnya. CMS yang baik akan mampu dikembangkan sesuai kebutuhan.

Menghemat Waktu dan Biaya Pembuatan

Menggunakan CMS untuk membuat web atau blog dapat menghemat waktu kita karena yang kita lakukan adalah menginstallnya pada web hosting terbaik dan sedikit konfigurasi. Memilih template yang sesuai dan mulai membuat konten. Banyak CMS yang open source yang gratis yang dapat dipakai dengan dukungan template serta plugin yang akan memperkaya fungsi dan penampilan website kita.

Terdapat banyak tools yang diberbasis CMS untuk membuat web seperti Wordpress, Drupal, Joomla, BBpress, dll. Masing-masing tools yang menggunakan CMS juga mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun tergantung dari user juga, yaitu bagaimana cara mengelola tema/script php/css/kode, dll, mendesain sedemikian rupa sehingga terbentuk sebuah situs web yang elegan dan responsive.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Fungsi CMS Dalam Pembuatan Website Atau Web"

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini.
Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur kekerasan, porno dan sara.
Komentar tidak memerlukan verifikasi kata. Terima kasih.