Nama-Nama Domain Khusus Di Indonesia Dan Sejarahnya

Sebagai web developers atau seorang blogger kita wajib mengetahui apa itu domain. Yap, domain (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "google.com". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website terkadang juga ada yang salah kaprah menyebutnya link walaupun tidak kata "link" untuk menyebutkan domain tidak sepenuhnya salah.

Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain. Sistem nama domain (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain ini. Nah, pada artikel ini saya akan memperkenalkan berbagai nama domain khusus untuk negara indonesia, sebagai orang indonesia kita wajib mengetahui apa saja nama domain di Indonesia dan apa fungsi dari nama-nama domain tersebut:

1. Domain berakhiran .id

Tentu saja domain ini adalah domain terpopuler di Indonesia, dari namanya saja sudah terindikasi dari nama Indonesia. Domain .id adalah top-level domain kode negara Internet untuk Indonesia. Sejak 1 September 2005, domain .id dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia. Sebelumnya domain .id dikelola melalui kerjasama antara Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan pengelola domain .id (ccTLD-ID). 

Nama-Nama Domain Khusus Di Indonesia Dan Sejarahnya
Mulai 1 Mei 2007 pengelolaan domain .id sepenuhnya berada di tangan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), sebuah organisasi nirlaba yang dibentuk komunitas teknologi informasi di Indonesia. Pendaftaran domain .id membutuhkan dokumen identitas Indonesia seperti KTP, SIM atau Paspor. Pada 17 Agustus 2014, registrasi untuk second-level domain telah terbuka untuk umum dan registrasi dapat dibuat secara langsung di bawah .id tanpa awalan. Dengan diluncurkannya domain .id sebagai Ranah Internet tingkat teratas, domain apapun.id sudah dapat didaftarkan pada semua registrar PANDI dan penjual domainnya.

2. Domain berakhiran .co.id

Domain berakhiran .co.id adalah nama domain yang biasa digunakan untuk badan usaha, bahkan bisa juga untuk komersial. Untuk pendaftaran domain co.id anda harus mempunyai paling minimal tanda bukti pengenal (ktp) namun pada jasa penjualan tertentu ada yang mewajibkan siup/npwp untuk pendaftaran domain ini.

3. Domain berakhiran .net.id

Domain berakhiran .net.id adalah domain yang digunakan untuk penyedia jasa telekomunikasi yang sudah berlisensi atau mempunyai izin usaha dari negara Indonesia.

4. Domain berakhiran .go.id

Domain berakhiran .go.id (government indonesia) digunakan untuk lembaga atau organisasi atau institusi milik pemerintah, contoh dari domain ini adalah kalbar.go.id, kpai.go.id, dll.

5. Domain berakhiran .mil.id

Domain berakhiran .(militer indonesia) adalah domain yang digunakan untuk institusi militer.

6. Domain berakhiran .ac.id

Domain berakhiran .ac.id digunakan untuk organisasi akademik, universitas/kampus, perguruan tinggi negara, dan sebagainya. Contoh website dengan domain ini: ui.ac.id, ugm.ac.id, dll.

7. Domain berakhiran .sch.id

Domain berakhiran .sch.id adalah domain yang digunakan untuk sekolah, contoh: smpn1pontianak.sch.id, smk1bandung.sch.id, dll.

8. Domain berakhiran .or.id

Domain berakhiran .or.id digunakan untuk organisasi umum dan komersial.

9. Domain berakhiran .web.id

Domain berakhiran .web.id ini sepertinya sudah cukup populer dikalangan warga indonesia karena sudah banyak sekali yang menggunakannya. Web.id (website.id) ini dapat digunakan pada web pribadi maupun komunitas, sama seperti akhiran .id selain itu web.id juga disediakan untuk komersial.

10. Domain berakhiran .my.id

Domain berakhiran .my.id adalah domain yang digunakan pribadi atau komunitas, sama seperti web.id hanya saja tidak sepopuler web.id.

11. Domain berakhiran .biz.id

Domain berakhiran .biz.id ini dapat digunakan untuk komersial, badan usaha, dan sebagainya.

12. Domain berakhiran .desa.id

Domain berakhiran .desa.id digunakan untuk etentitas, organisasi ataupun lembaga pedesaan. Contoh web yang menggunakan domain desa.id adalah koperasi desa, kantor desa, dll.

13. Domain berakhiran .war.net.id (sudah tidak aktif)

Domain berakhiran .war.net.id digunakan untuk warung warnet indonesia, namun karena domain ini tidak terlalu menonjol dalam penggunaan maka domain ini sekarang sudah tidak aktif atau sudah tidak digunakan lagi.

Itulah 13 nama domain yang ada di negara Indonesia, saya sendiri sudah menggunakan 2 nama domain Indonesia yaitu blog ini sendiri sudah menggunakan domain eris.web.id dan blog saya yang satunya menggunakan domain erislabs.id. Demikian artikel ini saya buat, semoga dapat berguna dan bermanfaat terutama untuk menambah wawasan tentang domain-domain di Indonesia, Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Nama-Nama Domain Khusus Di Indonesia Dan Sejarahnya"

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini.
Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur kekerasan, porno dan sara.
Komentar tidak memerlukan verifikasi kata. Terima kasih.